Aplikasi Reminder Jadwal Kuliah dan Tugas Mahasiswa Berbasis Android

Authors

  • Amri Dika Irawan Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Wahyu Sri Utami Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Reminder, Android, Firebase Realtime Database, Notifikasi, Aplikasi Mobile

Abstract

Kesibukan yang dimiliki oleh banyak mahasiswa seperti jadwal perkuliahan ataupun kegiatan yang padat, kegiatan organisasi, kegiatan di masyarakat dan tugas diluar kampus lainnya membuat mahasiswa kesulitan dalam mengorganisir jadwal perkuliahan dan tugas-tugas yang harus dikerjakan dari dosen. Akibatnya banyak mahasiswa yang sering lupa dengan deadline tugas yang diberikan ataupun telat menyadari adanya kelas, hal ini dapat menyebabkan menurunnya nilai akademik mahasiswa dan terganggunya kegiatan diluar akademik lainnya. Tujuan dari dilakukannya project ini adalah untuk membuat aplikasi reminder jadwal kuliah dan tugas mahasiswa berbasis android yang bisa membantu mahasiswa terkhususnya mahasiswa di Universitas Teknologi Yogyakarta dalam mengorganisir informasi perkuliahan dan membantu untuk mengingatnya. Dalam penggunaan aplikasi, sistem ini akan memberikan pengingat dalam bentuk notifikasi kepada user beberapa waktu sebelum jadwal kuliah akan dimulai atau tugas sebelum batas deadline. Pengembangan  aplikasi ini menggunakan software android studio dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Kotlin. Sementara untuk penyimpanannya sendiri menggunakan database Firebase Realtime Database. Dari hasil implementasi, aplikasi ini  dapat berjalan dengan semestinya dan memberikan reminder ke pengguna dalam bentuk notifikasi yang sudah diatur waktu notifikasinya sesuai kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Y. Prakoso, U. Rio, S. Imardi, and F. Zoromi, “Implementasi Speech to Text pada E-reminder,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 1250–1264, 2023.

B. Haryanto, “PERANCANGAN APLIKASI ANDROID INFORMASI JADWAL KULIAH,” Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer, vol. 10, no. 1, 2022.

M. N. A. Muhaemin, “MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK,” INFOTECH Journal, vol. 6, no. 1, pp. 7–10, 2020.

Marlina, Masnur, and Muh. Dirga. F, “APLIKASI E-LEARNING SISWA SMK BERBASIS WEB,” Jurnal Sintaks Logika (JSilog), vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2021, Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog

L. Elyza, “Design and Build an Academic E-Reminder Application Using Mobile-Based Push Notification Technology Rancang Bangun Aplikasi E-Reminder Akademik Menggunakan Teknologi Push Notification Berbasis Mobile ARTICLE HISTORY,” JURNAL KOMITEK, vol. 3, no. 1, pp. 7–20, 2023, Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.53697/jkomitek.v3i1

M. R. M. Nanda and I. H. Ikasari, “PENERAPAN APLIKASI PENGINGAT JADWAL KEGIATAN PENGGABUNGAN WAKTU DAN TANGGAL BERBASIS ANDROID,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 2, no. 7, pp. 1940–1949, 2023.

V. Ilhadi, D. Ardiansyah, and Muthmainnah, “Aplikasi Reminder Jadwal Kegiatan Berbasis Mobile,” Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 78–85, 2022.

R. Efria Ningsih, I. Kuantan Singingi, I. K. Jl Gatot Subroto, K. Nenas, D. Jake, and K. Kuantan Singingi, “PERANCANGAN APLIKASI NOTIFIKASI JADWAL KULIAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PRODI TEKNIK INFORMATIKA-UNIKS),” Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 239–250, 2020.

G. P. Edde and K. Budayawan, “Pembuatan Aplikasi Reminder Jadwal Perkuliahan di Jurusan Teknik Eletronika Berbasis Android,” Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 9, no. 4, pp. 1–11, 2021, Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Azlin, R. A. Sabirin, and I. K. D. Mardikayasa, “APLIKASI PENGINGAT KEGIATAN AKADEMIK BERBASIS ANDROID,” Jurnal Informatika, vol. 10, no. 1, 2021.

T. B. Kurniawan, “Perancangan sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman pada cafetaria no caffe di Tanjung Balai Karimun menggunakan bahasa pemograman PHP Dan MySQL,” Jurnal TIkar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020.

M. Sumiati, R. Abdillah, and A. Cahyo, “Pemodelan UML untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer), vol. 11, no. 2, pp. 79–86, 2021.

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Irawan, A. D. ., & Utami, W. S. . (2023). Aplikasi Reminder Jadwal Kuliah dan Tugas Mahasiswa Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(2), 288–300. Retrieved from https://www.ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/388